Friday, December 21, 2012

Kecewa Menjadi Korban Sistem Telkomsel


SURAT PEMBACA
 


Saya mendaftar sebagai pelanggan pascabayar modem sekitar bulan Agustus 2012, tetapi selama berlangganan baru menikmati memakai jasa modem tersebut sekitar enam kali. Selebihnya, di luar penggunaan itu, modem tidak dapat digunakan.
Karena modem tidak bisa digunakan, saya memutuskan untuk menutup langganan tersebut pada 1 Oktober 2012. Saya datang ke konter Grapari di Mal Ciputra, Semarang dan membayar tagihan Rp 185.000 (tanpa saya menggunakan modem sama sekali). Kartu chip diminta oleh petugas konter, dan saya menganggap semua urusan selesai karena langganan sudah ditutup.
Namun pada Selasa 23 Oktober lalu, datang tagihan penggunaan modem lagi Rp 91.666. Saya terkejut, mengapa transaksi penutupan pada 1 Oktober lalu yang oleh petugas dinyatakan sudah selesai ternyata belum tuntas dan masih ada tagihan lagi?

Menurut saya, masalahnya bukan uangnya, tetapi kepastian hukum dan bagaimana menghargai konsumen, karena transaksi penutupan itu saya anggap sudah menyelesaikan semua urusan, termasuk tagihan. Mengapa pada saat menutup langganan saya tidak mendapat penjelasan bahwa masih akan ada tagihan?
Rabu 24 Oktober 2012 saya ke Grapari lagi untuk meminta penjelasan dan karena berada di pihak konsumen yang lemah harus membayar tagihan tersebut. Saya kecewa terhadap pelayanan Telkomsel yang seperti ini. Bukankah karena tagihan tersebut kita harus menyisakan waktu untuk datang lagi ke konter hanya untuk menerima penjelasan bahwa “sistem kami memang seperti itu”? Kalau memang sistem seperti itu, apakah tidak lebih tepat konsumen diberi tahu tentang rangkaian hak dan kewajiban yang akan timbul setelah menjadi pelanggan atau memutuskan berhenti sebagai pelanggan?
Tepatkah pernyataan “sistem kami memang seperti itu” kemudian menjadi beban bagi konsumen, yang seolah-olah dimasabodohkan keribetannya? Sekali lagi, saya merasa kecewa terhadap kinerja pelayanan Telkomsel.

Tri Marhaeni Pudji Astuti
Jalan Raya Patemon
Gunungpati Nomor 31
Semarang (/)

2 comments:

  1. Wah kudu extra hati2 y bro,maklum semua pd mau cri untung semaunya aja

    ReplyDelete
  2. TELKOMSEL BANYAK MENGECEWAKAN PELANGGAN KOK...SPEED SAMPE 200KBPS,,TP TETAP AJA LELET,,,PUAAAEEEEKKK

    ReplyDelete